Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Serta Cara Pengolahannya

4 Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Serta Cara Pengolahannya


Khasiat Daun Pepaya

Banyak orang tidak mengetahui khasiat dari daun pepaya. Daun pepaya juga bisa dijadikan obat-obatan loh, cara pengolahannya juga tidaklah ribet.

Menurut penelitian, daun pepaya juga memiliki kandungan Vitamin A, dan B terutama Vitamin B12, Kalsium, Magnesium, Natrium Kalium Mangan, dan Zat besi. Daun pepaya juga memiliki kandungan spion glikosida jantung dan alkaloid yang sangat berperan dalam menyembuhkan trombositopenia, yaitu keadaan yang menimbulkan turunnya kadar trombist didalam darah. Telah dibuktikan oleh peneliti, bahwa banyak sekali khasiat daun pepaya untuk Kesehatan, berikut adalah penjelasannya

1. Khasiat Daun pepaya untuk penyeimbang kadar gula darah

Daun pepaya memiliki antioksidan yang kuat. Sehingga, dapat menurunkan kadar gula darah untuk orang yang menderita penyakit gula darah.

Hal ini, membuat daun pepaya mampu melindungi sel-sel insulin di pancreas dari kerusakan dan kematian dini. Menurut studi yang saya baca, daun pepaya terbukti dalam menyeimbangkan kadar gula darah.

2. Khasiat Daun pepaya mengobati gejala demam berdarah (DBD)

Deman berdarah (DBD) meruparan penyakit yang disebarkan oleh nyamuk ke manusia. Penyebabnya yang dirasakan oleh orang yang terkena penyakit itu adalah gejala seperti flu, demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan ruam kulit. Menurunnya kadar trombosit adalah salah satu hal yang dialami penderita penyakit demam berdarah. Akibatnya, resiko yang dialami penderita yaitu pendarahan sampai berpotensi fatal jika tidak segera ditangani.

Beberapa peneliti sudah mempublikasikan bahwa mengkonsumsi daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit darah yang tadinya turun akibat penyakit demam berdarah (DBD).

3. Khasiat Daun pepaya untuk bekas luka

Daun pepaya memiliki Ezim papain. Yang dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada luka. Kandungan yang ada pada daun pepaya juga bisa menghilangkan bekas luka.

Selain itu, Daun pepaya juga bisa berguna untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga mengurangi penyumbatan pori-pori, rambut yang tumbuh ke dalam, dan juga jerawat.

4. Khasiat Daun pepaya untuk melancarkan pencernaan

Daun pepaya memiliki senyawa yang mempunyai kemampuan untuk memecah pretein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil. Sehingga, menjadi lebih mudah untuk dicerna. Daun pepaya memiliki kandungan serat dan senyawa yang disebut papain.

Kedua kandungan tersebut, memiliki fungsi dan mendukung untuk memperlancar pencernaan agar lebih sehat. Daun pepaya juga sering digunakan sebagai terapi alternatif meringankan gejala pencernaan yang tidak nyaman seperti kembung dan mulas.

Cara Pengolahan Daun Pepaya

Tidak sulit untuk mengolah daun pepaya agar dapat dikonsumsi untuk kita dan dijadikan sebagai obat. Berikut adalah cara mengkonsumsi daun pepaya.

  • Siapkan 4-5 Lembar daun pepaya.
  • Sediakan air kurang lebih 1 liter.
  • Siapkan air dan Rebus hingga mendidih.
  • Lalu masukan daun pepaya kedalam rebusan air.
  • Biarkan kurang lebih selama 1-2 menit
  • Setelah itu tuangkan kedalam gelas.
  • Rebusan air dari dan juga daun pepaya siap diminum dan dimakan.

Tidak sulit bukan? itulah sedikit informasi mengenai khasiat daun pepaya untuk kesehatan. Sekian informasi mengenai khasiat daun pepaya, semoga bermanfaat untuk kalian.

Post a Comment for "4 Khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Serta Cara Pengolahannya"