Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Langkah Menonaktifkan SMS Banking BRI Mudah Cepat dan Tanpa Ribet



Hai Sobat VR, kalian pasti tahu PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memberikan fitur layanan pada nasabahnya seperti e-banking yang meliputi mobile banking, internet banking dan SMS banking. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para nasabahnya dalam menggunakan fitur layanan BRI, tapi terkadang beberapa fitur ini malah mengganggu penggunanya contohnya seperti SMS Banking.

Fitur layanan yang disediakan oleh pihak BRI kepada nasabah pastinya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan, namun jika sudah tidak adanya kenyamanan maka nasabah sebaiknya segera melapor kepada pihak Bank agar tidak menimbulkan kerugian materi di kedua belah pihak.

Fitur SMS Banking memberikan layanan yang bertujuan untuk memudahkan nasabah dalam mengetahui informasi mengenai saldo, mutasi rekening, tagihan kartu kredit hingga suku bunga. Namun memang fitur ini dalam memberikan informasi pastinya melalui SMS dan pengguna akan menerima notifikasi tersebut setiap ada pemberitahuan atau transaksi terbaru ke rekening nasabahnya.

Sehingga beberapa dari pengguna fitur sms banking ini merasa terganggu karena setiap ada notifikasi sms tersebut akan dikenakan biaya potongan melalui pulsa sebesar Rp. 500 per sms.

Jika fitur layanan SMS Banking sudah membuat Anda merasa teranggu dan terbebani maka sebaiknya segera Anda menonaktifkan fitur ini, caranya sangat mudah, berikut beberapa cara menonaktifkan SMS Banking BRI :

1. Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI melalui Handphone

Menonaktifkan sms banking BRI melalui handphone yaitu dengan cara melakukan panggilan ke call center Bank. Cara ini sangat efektif karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, Anda hanya perlu menyiapkan handphone yang sudah berisi pulsa yang cukup agar dipertengah panggilan tidak mati begitu saja. Berikut langkah-langkah dalam mengubungi call center BRI untuk menonaktifkan SMS Banking :

  • Sebelum melakukan panggilan pastikan Anda sudah mengetahui kode area kota tempat tinggal Anda, karena biaya panggilan ini bersifat premium dan dikenakan tariff.
  • Siapkan handphone dan buka menu panggilan telepon.
  • Hubungi call center BRI dengan mengetik nomor “14017” atau 1500017”.
  • Jika sudah diangkat oleh CS (Custumor Service), jelaskan maksud dan tujuan Anda secara rinci.
  • Minta kepada CS untuk menonaktifkan fitur layanan SMS Banking pada rekening Anda.
  • Anda akan diminta menyebutkan nomor rekening dan nomor telepon yang dipakai untuk sms banking.
  • Setelah itu SMS Banking akan dinonaktifkan oleh CS.
  • Selesai.

Nomor call center BRI bersifat umum dan bisa diakses oleh semua wilayah di Indonesia juga bisa melakukan panggilan kapan saja karena melayani 24 jam dengan pengaduan yang meliputi kartu kredit, deposito, kredit tanpa agunan serta layanan bri lainnya.

2. Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI melalui Mesin ATM

Menonaktifkan SMS Banking melalui mesin ATM juga merupakan salah satu cara yang mudah karena Anda tinggal datang ke mesin ATM BRI terdekat. Sebelum datang ke mesin ATM pastikan Anda sudah membawa nomor telepon dan kartu ATM yang terdaftar di SMS Banking tersebut, berikut langkah-langkah cara menonaktifkan SMS Banking melalui mesin ATM :

  • Datang ke ATM BRI terdekat.
  • Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM.
  • Ketik PIN ATM.
  • Kemudian akan muncul beberapa pilih di menu utama.
  • Pilih menu “transaksi lain”.
  • Lalu, pilih menu “registrasi”.
  • Setelah itu akan muncul menu pilihan “sms banking”.
  • Kemudian, pilihlah menu “hentikan”.
  • Masukkan Pin sms banking.
  • Tunggu proses hingga penonaktifan selesai.

Setelah proses penonaktifan selesai maka sudah bisa dipastikan bahwa fitur layanan SMS Banking di nomor telepon yang terdaftar sudah tidak aktif lagi dan pastikan juga kartu ATM Anda sudah keluar jangan sampai tertinggal di mesin ATM. Cara ini harus Anda lakukan secara langsung di mesin ATM BRI untuk mengurangi resiko kegagalan dalam proses penonaktifan SMS Banking dan melalui ATM BRI secara langsung tidak di pungut biaya apapun.

3. Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI melalui Kantor Cabang BRI Terdekat

Menonaktifkan SMS Banking melalui kantor cabang BRI terdekat merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan, cara ini cukup mudah hanya saja Anda perlu mangantri untuk konsultasi langsung ke CS dan pastikan Anda membawa dokumen seperti KTP asli dan fotokopi, buku tabungan asli dan fotokopi beserta kartu ATM. Berikut langkah-langkah cara menonaktifkan SMS Banking melalui kantor cabang BRI terdekat :

  • Datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa dokumen pelengkap untuk proses penonaktifan SMS Banking.
  • Ambil “nomor antrian” dan “formulir”.
  • Lalu isi formulir tersebut sesuai tujuan Anda untuk apa, biasanya akan diarahkan oleh petugas disana atau satpam.
  • Tunggu nomor antrian Anda dipanggil oleh Custumor Service.
  • Jelaskan tujuan Anda datang ke kantor cabang BRI untuk menonaktifkan SMS Banking.
  • Custumer Service akan meminta dokumen fotokopi Anda sekaligus menonaktifkan SMS Banking milik Anda.
  • Selesai.

Untuk menonaktifkan SMS Banking melalui kantor cabang BRI memang sedikit ribet dan memakan waktu banyak, tapi ini juga bisa menjadi jalan alternatif jika Anda tidak bisa menonaktifkan melalui handphone maupun mesin ATM.

Anda tidak perlu khawatir dalam mengambil nomor antrian maupun pengisian formulir biasanya akan dipandu oleh petugas disana yaitu satpam, karena selain menjaga keamanan biasanya tugas satpam di Bank juga memandu nasabahnya yang kesulitan.

Penutup

Demikian beberapa cara dalam menonaktifkan SMS Banking BRI 2022, Anda bisa memilih salah satu cara diatas yang menurut Anda mudah dan efektif jika dilakukan dan pastikan keputusan Anda dalam menonaktifkan SMS Banking sudah bulat agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.

Jika sudah menonaktifkan SMS Banking BRI, Anda bisa beralih menggunakan fitur layanan internet banking maupun m-banking karena fitur ini sangat mudah digunakan dan tidak memakan biaya yang banyak seperti SMS Banking, karena dua fitur ini bisa digunakan melalui internet dan di era yang serba canggih ini pastinya banyak dari kita sudah menggunakan internet.

Semoga informasi ini sangat membantu bagi para nasabah BRI yang ingin menonaktifkan fitur layanan SMS Banking. Baca juga Artikel mengenai Informasi Tentang BRI lainnya disini : Artikel Kategori BRI

Post a Comment for " 3 Langkah Menonaktifkan SMS Banking BRI Mudah Cepat dan Tanpa Ribet"