Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Efektif Pencegahan Virus Covid-19 Agar Tetap Sehat

5 Cara Efektif Pencegahan Virus Covid-19 Agar Tetap Sehat


Semakin banyaknya varian Covid-19 ditahun 2022 ini membuat kita harus tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit covid-19. Banyak cara efektif pencegahan Covid-19 yang bisa kita lakukan dengan cara yang sederhana namun bisa juga efektif dalam pencegahan terjangkitnya Covid-19.

Virus COVID-19 (Corona) adalah penyakit yang berasal dari hewan seperti kelelawar dan unta. Virus ini bisa menular antar hewan dengan hewan, hewan ke manusia, bahkan dari manusia ke manusia. Virus COVID-19 pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Cina dan sekarang telah menyebar luar ke berbagai negara bahkan termasuk negara Indonesia.

Penularan Virus COVID-19 kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin. Ketika seseorang terjangkit Virus COVID-19, akan mengalami gejala flu mirip seperti demam, batuk, dan pilek. Beberapa hari setelah seseorang terjangkit Virus COVID-19 akan mengalami sesak nafas yang diakibatkan infeksi pada paru-paru. Virus COVID-19 sangat mudah menyebar dan menular, bahkan hanya berbicara didepan orang yang terjangkit Virus ini, bisa mennyebabkan menularnya virus tersebut.

Sampai saat ini, para ahli belum menemukan obat yang daar menyembuhkan penyakit ini. Bahkan organisasi Kesehatan dunia (WHO) pun untuk sekarang hanya bisa menghimbau agar masyarakat tidak boleh memandang sepele penyakit COVID-19 ini. Mereka juga sudah menginformasikan bahwa masyarakat harus melakukan pencegahan, salah satunya yaitu menerapkan social distancing.

Cara efektif Pencegahan Virus COVID-19

Para ahli dan peneliti sekarang tidak diam untuk mencari cara agar bisa menemukan obat untuk Virus COVID-19. Bahkan, sekarang mereka sedang melakukan uji klinis Vaksin yang diharapkan dapat memberikan pencegahan untuk penyakit COVI-19. Mereka juga menyarankan cara lain untuk pencegahan tersebarnya Virus COVID-19 dengan efektif. Berikut cara efektif mencegah terjangkit Vris COVID-19.

1. Menggunakan Masker Efektif Mencegah Virus Covid-19

Cara pertama yang saya sanrakan yaitu apabila kalian bepergian keluar rumah, alangkah baiknya kalian menggunakan masker. Cara ini bisa digunakan untuk mencegah orang yang sedang berbicara langsung dengan kita bisa terhalang oleh masker.

Walaupun tidak begitu efekti, akan tetapi penggunaan masker bisa mencegah resiko penyebaran penyakit infeksi ternasuk infeksi Virus COVID-19. Kalian bisa menggunakan sekaligus dua masker apabila dirasa masker yang anda miliki kurang tebal.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh Efektif Mencegah Virus Covid-19

Cara kedua yaitu menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap bugar. Menjaga daya tahan tubuh dapat mencegah berbagai penyakit. Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap sehat yaitu dengan berolahraga dan mengatur pola makan seperti sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk kalian.

Tidur dengan teratur juga bisa menjaga daya tahan tubuh kalian agar tetap terjaga dan terdindar dari virus Covid-19. Karna apabila kalian tidak menjaga mulai dari Kesehatan tubuh, semakin gampang Virus masuk ke tubuh kalian.

3. Membersihkan Rumah Efektif Mencegah Virus Covid-19

Selain menjaga kebersihan diri sendiri, menjaga kebersihan rumah juga sangat penting dilakukan selama pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan Virus corona terbukti bisa hidup selama berjam-jam bahkan berhari-hari. Virus corona biasanya berdiam di permukaan suatu benda.

Oleh karena itu, rumah kalian harus secara rutin dibersihkan termasuk perabotan yang berada dirumh kalian, harus dibersihkan menggunakan disinfeksi secara menyeluruh.

4. Mencuci Tangan Efektif Mencegah Virus Covid-19

Cara efektif yang pertama yaitu dengan mencuci tangan dengan benar, bisa mencegah penyebaran Virus COVID-19. Cucilah tangan menggunakan air mengalir dan sabun, pastikan seluruh bagian tangan tercuci bersih.

Apabila kalian kesulitan menemukan air jika sedang beraktivitas sehari-hari, anda bisa menggunakan hand sanitizer sebagai pengganti air dan sabun untuk membersihkan tangan kalian.

5. Isolasi Mandiri Efektif Mencegah Virus Covid-19

Membatasi bertemunya dengan banyak orang adalah salah satu cara efektif agar kita tidak terjangkit Virus COVID-19. Hal yang gampang untuk dilakukan yaitu dengan tidak banyak pepergian keluar rumah apabila memang tidak terdesak untuk bepergian seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari itu hal yang wajar. Saat kita berada diluar rumah, alangkah baiknya kita menjaga jarak dengan orang yang berada disekitar kalian mitinimal 1 meter dari kalian.

Mulailah dengan cara sederhana yang bisa kalian lakukan sendiri. Karna berawal dari diri sendiri, semua proses atau cara pencegahan yang saya jelaskan diatas akan bermanfaat dan bisa membatu kalian dalam pencegahan Virus Covid-19.

Post a Comment for "5 Cara Efektif Pencegahan Virus Covid-19 Agar Tetap Sehat "