Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Bitcoin: Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Mendapatkan Bitcoin Gratis


Apa Itu Bitcoin Penjelasan Lengkap Mengenai Sejarah Pencipta Bitcoin dan Cara Kerjanya

Bitcoin : Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis


Pengertian Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak memiliki wujud fisik seperti mata uang fiat. Bitcoin juga tidak ada otoritas ataupun badan terpusat yang mengatur dan mengendalikannya. Mengambil dari buku Bitcoin From Beginner To Expert, Bitcoin terdesentralisasi sehingga tidak dikendalikan olah satu entitas atau satu badan yang dapat dipandang atau diperlakukan sebagaimana layaknya individu terhadap ketentuan hukum yang berlaku.

Teknologi Blockchain atau system jaringan yang digunakan sebagai system penyimpanan digital yang terhubung melalui kriptografi. Aktivitas tersebut dicatat pada public ledger atau buku besar publik yang transparan dan aman serta langsung dikenali.

Sejarah Pencipta Bitcoin

Awal mula bitcoin dibuat oleh seorang yang Bernama Satoshi Nakamoto yang merupakan nama samaran dan hingga saat ini tidak diketahui identitas aslinya. Pada awalnya Bitcoin tidak memiliki nilai tukar hingga akhir tahun 2009, saat itu bitcoin hanya berupa catatan transaksi di blockchain, sebuah forum daring dimana pengguna berkumonukasi dan mengatur transaksi dalam kode terbuka.

Diawal tahun 2010, bitcoin mulai diperjual belikan di bursa Gunung Fox yang diluncurkan dan menjadi tempat dominan untuk memperdagangkan bitcoin. Ditahun 2011 Satoshi Nakamoto sebagai pencipta bitcoin tiba-tiba menghilang dan dalam data transaksi, diperkirakan memiliki satu juta Bitcoin.

Semakin banyak orang mengenal pada awal November 2015, harga satu Bitcoin mencapai US$384. Nilainya terus melonjak naik hingga pada akhir tahun 2017 harga satu Bitcoin mencapai harga tertingginya US$20.000 dan untuk saat ini tidaklah sulit untuk kita membeli Bitcoin karena banyak sekali Exchange yang sudah menjual belikan Bitcoin salah satunya Binance Exchange.

Cara Kerja Bitcoin

Cara kerja Bitcoin menggunakan system Koin yang bis akita peroleh dengan cara Mining koin atau juga bisa membelinya. Mining Bitcoin bisa diibaratkan sama dengan proses menambang emas. Hanya saja Bitcoin mining dilakukan secara digital dengan perangkat computer dan disimpan di buku besar publik yang dapat diakses kapan saja. Pengguna dapat memiliki banyak dompet untuk menyimpan Bitcoin salah satunya Trust Wallet.

Tidak Seperti saham, Bitcoin tidak mewakili kepemilikan suatu perusahaan atau badan yang dapat mengatur. Investasi Bitcoin menghasilkan nilai karena harga per coin semakin meningkat.

Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis

Mendapatkan Bitcoin secara gratis mungkin banyak orang yang menginginkan. Disini kami akan membagikan bagaimana cara mendapatkan bitcoin secara gratis. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan bitcoin gratis yang bisa kalian coba.

1. Kran Bitcoin (Bitcoin Faucets)

Ada situs web dan aplikasi yang memberikan Bitcoin gratis dalam jumlah kecil kepada pengguna mereka. Ini biasanya melibatkan tugas sederhana seperti menyelesaikan captcha atau menjawab survei. Namun, jumlah yang Kalian dapatkan sangat kecil dan mungkin memerlukan waktu yang lama untuk mengumpulkannya.

2. Program Penghargaan (Reward Programs)

Beberapa platform dan layanan, seperti Coinbase, seringkali menawarkan program penghargaan di mana Kalian bisa mendapatkan sejumlah kecil Bitcoin atau cryptocurrency lainnya dengan mengundang teman, melakukan transaksi, atau menyelesaikan tugas tertentu.

3. Airdrops

Dalam airdrop, proyek cryptocurrency tertentu akan memberikan sejumlah kecil koin atau token kepada pemegang yang memenuhi syarat. Kalian dapat mencari airdrop yang sedang berlangsung di situs web dan forum cryptocurrency.

4. Mining Cloud (Cloud Mining)

Beberapa layanan menawarkan kesempatan untuk mendapatkan Bitcoin dengan berinvestasi dalam layanan penambangan awan. Namun, perlu diingat bahwa banyak dari mereka adalah skema penipuan, jadi lakukan riset menyeluruh sebelum berinvestasi.

5. Faucet Games

Ada beberapa game online yang memungkinkan Kalian mendapatkan Bitcoin sebagai hadiah untuk bermain game. Ini biasanya melibatkan risiko rendah dan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mendapatkan Bitcoin secara gratis.

6. Mengikuti Kontes dan Giveaway

Beberapa proyek cryptocurrency, influencer, atau platform media sosial mungkin mengadakan kontes atau giveaway di mana Kalian bisa memenangkan Bitcoin. Pastikan untuk memeriksa syarat dan ketentuan serta keabsahannya.

7. Faucet Browser (Browser Faucets)

Beberapa peramban web, seperti Brave, memungkinkan Kalian untuk mendapatkan token cryptocurrency sebagai imbalan karena menggunakan peramban mereka dan melihat iklan yang relevan.

8. Menggunakan Aplikasi Mobile

Beberapa aplikasi mobile dapat memberikan imbalan dalam bentuk Bitcoin atau cryptocurrency lainnya jika Kalian melakukan tugas tertentu atau berinteraksi dengan aplikasi tersebut.

9. Faucet Rotator

Ini adalah situs web yang mengumpulkan berbagai kran Bitcoin dan cryptocurrency lainnya dalam satu tempat sehingga Kalian dapat mengklaim hadiah dari beberapa sumber sekaligus.

10. Mendapatkan Hadiah dalam Bitcoin

Beberapa platform online, seperti platform belanja atau situs web penjualan, mungkin menawarkan opsi untuk menerima pembayaran dalam Bitcoin sebagai hadiah.

Kesimpulan

Itulah Infomasi mengenai apa itu bitcoin, dan penjelasan lengkap mengenai sejarah bitcoin, siapa pencipta bitcoin, cara kerja bitcoin dan juga cara mendapatkan bitcoin gratis yang bisa kalian coba. Cara mendapatkan Bitcoin gratis adalah melalui beberapa metode seperti kran Bitcoin (Bitcoin faucets), program penghargaan, airdrops, cloud mining, faucet games, kontes dan giveaway, browser faucets, aplikasi mobile, dan penggunaan Bitcoin sebagai hadiah. Namun, perlu diingat bahwa jumlah Bitcoin yang Anda dapatkan melalui metode ini biasanya sangat kecil, dan mendapatkan jumlah yang signifikan biasanya memerlukan investasi atau pembelian Bitcoin secara langsung. Selain itu, Anda harus berhati-hati terhadap penipuan dan situs web yang menjanjikan Bitcoin gratis tanpa ada bukti yang kuat. Sebaiknya selalu lakukan riset dan berhati-hati dalam mengambil langkah-langkah terkait Bitcoin.

Post a Comment for "Apa Itu Bitcoin: Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Mendapatkan Bitcoin Gratis"